Restoran atau Restaurant merupakan kata yang sudah familiar dalam dunia pariwisata dan perhotelan. Industri Jasa Perhotelan yang disebut juga Hospitality Industry mempunya 2 aspek penting, apa itu ...?
Ada 2 aspek penting dalam Hospitality Industry yaitu :
- Accomodation Industry (meliputi penjualan kamar)
- Food Service Industry (penjualan makanan di Restoran).
Maju mundurnya suatu usaha perhotelan dapat ditentukan oleh kedua unsur tersebut. Bahkan berhasilnya suatu hotel dalam mencapai tujuannya dapat pula ditentukan apabila pendapatan dari Food Service Industry lebih besar dari Accomodation Industry.
Untuk bisa mencapai target tersebut, maka sekarang setiap Restoran berlomba-lomba menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya dengan meningkatkan mutu pelayanan dan kwalitas makanan.
Namun sejalan dengan hal tersebut, kita juga harus ingat bahwa tujua dioperasikannya Hotel dan Restoran adalah untuk mendapatkan keuntungan dan memberikan kepuasan bagi para tamu. Kalao sebuah Restoran dapat menggaet tamu banyak, namun tidak diimbangi dengan service yang memadai dan makanan yang berkwalitas, maka usaha Restoran tersebut tidak akan bertahan lama, karena kepusan dari pelanggannya tidak terpenuhi dengan baik. Maka dari itu perlu dilakukan training-training berkala dan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan keahlian dan ketrampilan dari pegawai Restoran yang bersangkutan, karena setiap waktu akan ada hal-hal yang baru yang bisa dipelajari. Selain menunjang operasional Hotel dan Restoran, salah satu tujuan Food dan Beverage Management adalah memberikan kesempatan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya sendiri, sehingga akan dihasilkan kwalitas dan standar service yang diharapkan. Kalau semua hal tersebut terpenuhi, maka keberadaan Restoran akan dapat menunjang operasional Hotel dan bahkan bisa melebihi pendapatan dari suatu Hotel.
Sekian pembahasan mengenai peranan dari suatu Restoran terhadap operasional Hotel, semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment