Kelancaran
dan kelangsungan dari sebuah perusahaan kusudnya restoran bukan hanya didukung
oleh peralatan yang dipakainya, namun juga harus di dukung oleh kesiapan dari
karyawannya. Seorang karyawan harus memiliki sifat-sifat yang baik, yang dapat
menunjang aktifitas kerja, sehingga pelanggan mendapatkan apa yang mereka
harapkan dan bisa kembali lagi.
1. Intelligence ( akal budi, kebijaksanaan )
Hal ini
akan kelihatan dalam keseharian saat bekerja karyawan yang bersangkutan,
sehingga akan diketahui bahwa karyawan memiliki ketrampilan yang memadai.
2
.Education ( pendidikan )
Seorang
petugas restoran harus memiliki pendidikan yang memadai dalam bidang
kepariwisataan.
3.
Physical & mental health (sehat pisik dan mental)
Petugas
reatoran harus sehat pisik dan mental, serta tahu cara pendekatan yang baik
kepada tamu.
4.
Honesty (kejujuran)
Setiap
petugas restoran harus memiliki kejujuran yang tinggi. Mengambil uang
perusahaan untuk dimiliki sendiri merupakan suatu ketidak jujuran. Datang telat
dan pulang lebih cepat juga merupakan suatu ketidak jujuran terhadap perusahaan.
5.
Confidence (percaya diri)
Karyawan
harus memiliki rasa percaya diri, baik terhadap penampilan diri maupun
terhadap kemampuan dan ketrampilan dalam menjelaskan dan menjual barang-barang
atau makanan yang dimilikinya, sehinggga pelanggan menjadi tertarik untuk
membelinya.
6.
Self Respect (harga diri)
Apapun
jenis pekerjaan yang kita lakoni, kita tidak boleh minder, malah kita harus
mengatakan bahwa kita adalah seorang waiter, clerk atau apapun jenis pekerjaan
kita dengan bangga dan tersenyum, sambil menatap orang kita ajak bicara.
7.
Interest (perhatian)
Dalam
sehari, kita sudah menggunakan sepetiga atau lebih dari waktu kita untuk
bekerja, maka dari itu tidak ada alas an untuk tidak manaruh perhatian penuh
terhadap pekerjaan kita.
8.
Attitude to The Guest (sikap kepada tamu)
Kita
harus menunjukkan sikap baik kepada tamu. Kita harus selalu ingat, Tamu adalah
Raja, namun bukan berarti kita harus terlalu merendahkan diri di hadapan tamu.
Yang harus kita pahami adalah apa yang dibutuhkan oleh tamu.
9.
Aptidute (kecakapan)
Kecakapan
dari setiap karyawan akan semakin bertambah seiring dengan praktek-prektek yang
dilakukannya terus menerus dalam pekerjaan. Namun perlu juga diingat, bahwa
setiap karyawan memiliki kecakapan sendiri.
10.
Carefulness (kehati-hatian)
Kita
harus selalu berhati-hati dalam bekerja, karena banyak ada barang-barang yang
mungkin saja bisa jatuh dan pecah dan mungkin bisa menimbulkan kecelakaan kerja.
11.
Tolerance (kesabaran)
Kesabaran
sangat penting dimana saja, terlebih di dunia kerja. Jika kita tidak memiliki
kesabaran, maka kita tidak akan bisa menjaga keutuhan tim kerja kita, karena
mungkin saja perselisihan atau beda pendapat akan terjadi diantara sesame
pekerja. Maka dari itu kesabaran sangat mutlak dibutuhkan.
12.
Ability to take criticism (sanggup menerima kritikan)
Dalam
bekerja, kita harus siap menerima kritikan, baik dari pelanggan ataupun atasan
kita, dan gunakan kritikan tersebut untuk melakukan hal yang lebuh baik.
13.
Appearance (penampilan)
Kita hrus
menampilkan hal-hal yang baik kepada tamu, dan menghilangkan kebiasaan buruk
kita. Ini sangat penting karena apa yang kita tampilkan akan menjadi penilaian
dari tamu, baik itu yang baik maupun buruk.
14.
Speech (berbicara)
Kita
harus berbicara yang sopan dan jelas
15.
Manners (sopan santun)
Kita
harus bersikap sopan kepada siapa saja, terlebih lagi terhadap tamu.
16.
Quickness (kecepatan)
Kita
harus membiasakan diri bekerja dengan cepat. Dalam aktifitas di restoran, kita
tidak boleh malas, harus sigap, gesit dan tangkas. Namun perlu juga
diperhatikan bahwa seberapapun gesitnya kita tidak boleh berlari di restoran.
Yang bisa kita lakukan hanyalah berjalan cepat.
17.
Capability (kepandaian)
Dalam
bekerja, biasakan selalu membuat rencana kerja mengenai hal apa saja yang akan
dilakukan, sehingga bisa efektif dan efisien
19.
Punctuality (tepat waktu)
Kita
tidak boleh terlambat datang ketempat kerja. Tepat waktu menunjukkan bahwa kita
orang yang disiplin. Biasakan datang 15 menit sebelum jam kerja dimulai,
sehingga kita bisa mempersiapkan hal-hal yang diperlukan.
20.
Memory (ingatan)
Akan
sangat membantu jika kita mempunyai daya ingat yang kuat, sehingga kita dapat
mengingat nama tamu, kesukaan dan kebiasaannya. Hal itu merupakan hal lebih
yang dapat mebuat tamu merasa diperhatikan dan bisa membuatnya senang.
21.
Initiative (inisiatif)
Biasakan
bekerja dengan selalu memiliki ide-ide yang baru yang dapat menunjang dan
meningkatkan penjualan perusahaan.
22.
Loyalty (kesetiaan)
Seorang
karyawan harus memiliki kesetiaan pada perusahaan tempat bekerja, dan selalu
menjunjung tinggi nama perusahaan tempatnya bekerja.
23.
Enthusiasm (semangat)
Semangat
kerja merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam bekerja, maka dari itu kita
harus selalu senang dan bersemangat dalam menjalani pekerjaan kita.
24.
Reliable (dapat dipercaya)
Kita
sebagai karyawan harus bisa membuktikan bahwa kita orang yang dapat dipercaya
dalam melakukan segala tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.
30.
Cooperative (kerjasama)
Kita
harus bisa bekerja sama baik dengan teman sejawat maupun yang lain bagian,
sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, dan tamu mendapat kepuasaan
dalam pelayanan kita.
Demikianlah
ulasan mengenai sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang karyawan, semoga
bermanfaat
0 comments:
Post a Comment