Selalu Berimajinasi ....

SELAMAT DATANG LIDI BALI, Selalu Berimajinasi .........

Monday, May 22, 2017

Syarat dan Sifat Seorang Karyawan

Kelancaran dan kelangsungan dari sebuah perusahaan kusudnya restoran bukan hanya didukung oleh peralatan yang dipakainya, namun juga harus di dukung oleh kesiapan dari karyawannya. Seorang karyawan harus memiliki sifat-sifat yang baik, yang dapat menunjang aktifitas kerja, sehingga pelanggan mendapatkan apa yang mereka harapkan dan bisa kembali lagi.
Adapun syarat dan sifat yang harus dimiliki oleh karyawan/petugas restoran yang baik dan berkwalitas yaitu :
1. Intelligence  ( akal budi, kebijaksanaan )
Hal ini akan kelihatan dalam keseharian saat bekerja karyawan yang bersangkutan, sehingga akan diketahui bahwa karyawan memiliki ketrampilan yang memadai.
2 .Education  ( pendidikan )
Seorang petugas restoran harus memiliki pendidikan yang memadai dalam bidang kepariwisataan.
3. Physical & mental health (sehat pisik dan mental)
Petugas reatoran harus sehat pisik dan mental, serta tahu cara pendekatan yang baik kepada tamu.
4. Honesty (kejujuran)
Setiap petugas restoran harus memiliki kejujuran yang tinggi. Mengambil uang perusahaan untuk dimiliki sendiri merupakan suatu ketidak jujuran. Datang telat dan pulang lebih cepat juga merupakan suatu ketidak jujuran terhadap perusahaan.

5. Confidence (percaya diri)
Karyawan harus memiliki rasa percaya diri, baik terhadap penampilan  diri maupun terhadap kemampuan dan ketrampilan dalam menjelaskan dan menjual barang-barang atau makanan yang dimilikinya, sehinggga pelanggan menjadi tertarik untuk membelinya.

6. Self Respect  (harga diri)
Apapun jenis pekerjaan yang kita lakoni, kita tidak boleh minder, malah kita harus mengatakan bahwa kita adalah seorang waiter, clerk atau apapun jenis pekerjaan kita dengan bangga dan tersenyum, sambil menatap orang kita ajak bicara.

7. Interest (perhatian)
Dalam sehari, kita sudah menggunakan sepetiga atau lebih dari waktu kita untuk bekerja, maka dari itu tidak ada alas an untuk tidak manaruh perhatian penuh terhadap pekerjaan kita.

8. Attitude to The Guest (sikap kepada tamu)
Kita harus menunjukkan sikap baik kepada tamu. Kita harus selalu ingat, Tamu adalah Raja, namun bukan berarti kita harus terlalu merendahkan diri di hadapan tamu. Yang harus kita pahami adalah apa yang dibutuhkan oleh tamu.

9. Aptidute (kecakapan)
Kecakapan dari setiap karyawan akan semakin bertambah seiring dengan praktek-prektek yang dilakukannya terus menerus dalam pekerjaan. Namun perlu juga diingat, bahwa setiap karyawan memiliki kecakapan sendiri.

10. Carefulness (kehati-hatian)
Kita harus selalu berhati-hati dalam bekerja, karena banyak ada barang-barang yang mungkin saja bisa jatuh dan pecah dan mungkin bisa menimbulkan kecelakaan kerja.

11. Tolerance (kesabaran)
Kesabaran sangat penting dimana saja, terlebih di dunia kerja. Jika kita tidak memiliki kesabaran, maka kita tidak akan bisa menjaga keutuhan tim kerja kita, karena mungkin saja perselisihan atau beda pendapat akan terjadi diantara sesame pekerja. Maka dari itu kesabaran sangat mutlak dibutuhkan.

12. Ability to take criticism (sanggup menerima kritikan)
Dalam bekerja, kita harus siap menerima kritikan, baik dari pelanggan ataupun atasan kita, dan gunakan kritikan tersebut untuk melakukan hal yang lebuh baik.

13. Appearance (penampilan)
Kita hrus menampilkan hal-hal yang baik kepada tamu, dan menghilangkan kebiasaan buruk kita. Ini sangat penting karena apa yang kita tampilkan akan menjadi penilaian dari tamu, baik itu yang baik maupun buruk.

14. Speech (berbicara)
Kita harus berbicara yang sopan dan jelas

15. Manners (sopan santun)
Kita harus bersikap sopan kepada siapa saja, terlebih lagi terhadap tamu.

16. Quickness (kecepatan)
Kita harus membiasakan diri bekerja dengan cepat. Dalam aktifitas di restoran, kita tidak boleh malas, harus sigap, gesit dan tangkas. Namun perlu juga diperhatikan bahwa seberapapun gesitnya kita tidak boleh berlari di restoran. Yang bisa kita lakukan hanyalah berjalan cepat.

17. Capability (kepandaian)
Dalam bekerja, biasakan selalu membuat rencana kerja mengenai hal apa saja yang akan dilakukan, sehingga bisa efektif dan efisien

19. Punctuality (tepat waktu)
Kita tidak boleh terlambat datang ketempat kerja. Tepat waktu menunjukkan bahwa kita orang yang disiplin. Biasakan datang 15 menit sebelum jam kerja dimulai, sehingga kita bisa mempersiapkan hal-hal yang diperlukan.

20. Memory (ingatan)
Akan sangat membantu jika kita mempunyai daya ingat yang kuat, sehingga kita dapat mengingat nama tamu, kesukaan dan kebiasaannya. Hal itu merupakan hal lebih yang dapat mebuat tamu merasa diperhatikan dan bisa membuatnya senang.

21. Initiative (inisiatif)
Biasakan bekerja dengan selalu memiliki ide-ide yang baru yang dapat menunjang dan meningkatkan penjualan perusahaan.

22. Loyalty (kesetiaan)
Seorang karyawan harus memiliki kesetiaan pada perusahaan tempat bekerja, dan selalu menjunjung tinggi nama perusahaan tempatnya bekerja.

23. Enthusiasm (semangat)
Semangat kerja merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam bekerja, maka dari itu kita harus selalu senang dan bersemangat dalam menjalani pekerjaan kita.

24. Reliable (dapat dipercaya)
Kita sebagai karyawan harus bisa membuktikan bahwa kita orang yang dapat dipercaya dalam melakukan segala tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.

30. Cooperative (kerjasama)
Kita harus bisa bekerja sama baik dengan teman sejawat maupun yang lain bagian, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, dan tamu mendapat kepuasaan dalam pelayanan kita.


Demikianlah ulasan mengenai sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang karyawan, semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment